Browse By

Akuntansi dan Nilai Sempurna, Tidak Mustahil!

 
Nama lengkapnya Humaida, seorang siswi sederhana dari SMAN 1 Martapura. Sekilas jika dilihat orang-orang tidak akan percaya mengenai pencapaian yang diraihnya baru-baru ini di Lomba Cepat Tepat Akuntansi (LCTA) 2012.
Pada pengumuman yang dilakukan sore senin (19/11) tanpa diduga-duga Humaida mendapat nilai sempurna 100 dalam babak penyisihan kategori lomba perorangan SMA. Secara serentak Humaida mendapat tepuk tangan meriah oleh seluruh peserta dan panitia yang ada di aula Lt.1 rektorat Unlam. “Luar biasa dan mengagumkan,” kata salah seorang peserta lain.

“Saya tidak menyangka,” tutur Humaida. Humaida hanya mendapat persiapan intensif selama seminggu dari sekolah. Tetapi ia mengaku bahwa telah mempersiapkan diri untuk perlombaan ini jauh-jauh hari sebelumnya. Saat ditanya mengenail soal yang dikerjakannya saat babak penyisihan, ia bilang cukup mudah karena hanya mengerjakan dua jenis laporan keuangan. Padahal selama persiapan ia selalu mengerjakan hingga tiga jenis laporan keuangan.
“Saya cukup gugup menghadapi babak final. Mungkin lawan berat adalah MAN 2 Model Banjarmasin. Tetapi saya tetap optimis menang,” tuturnya saat diwawancarai sebelum pengumuman hasil final lomba perorangan.
Persaingan sangat ketat memang terjadi pada final kategori lomba perorangan SMA. Peserta yang menembus final rata-rata nilainya di atas sembilan puluh. Dibawah Humaida sendiri, ada Jawiah wakil dari MAN 2 Model Banjarmasin dengan nilai 99,80.
Walaupun pada akhirnya Humaida tidak dapat menutup pencapaian luar biasanya di penyisihan dengan menjadi juara dan harus rela menduduki posisi juara kedua, ia akan tetap diingat sebagai peserta yang mendapat nilai sempurna. Juara tiga dalam Olimpiade Ekonomi tingkat provinsi ini dikalahkan oleh Jawiah dari MAN 2 Model Banjarmasin.
Humaida telah membukti nilai sempurna tidak mustahil dalam akuntansi. Akuntansi telah menjadi momok menakutkan bagi mahasiswa fakultas ekonomi selama ini. Baik mahasiswa program studi IESP, Manajemen, maupun Akuntansi sendiri akan menemui mata kuliah akuntansi di awal-awal masa kuliah mereka. “Akuntansi adalah keterampilan. Akan menjadi mudah jika terus diasah dan dilatih,” kata Pak Sayudi, salah satu dosen akuntansi disela-sela penyampaian materi kuliah.
Nah, tunggu apa lagi! Ayo taklukan akuntansi dan mendapat nilai sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *