Browse By

Lomba Cepat Tepat Akuntansi (LCTA)




Lomba Cepat Tepat Akuntansi (LCTA) adalah ajang bergengsi bagi seluruh sekolah tingkat menengah atas baik SMA maupun SMK se-Kalselteng dalam bidang akuntansi. Dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat.
Baru-baru ini LCTA 2012 telah berlangsung dari tanggal 19-22 November 2012.  Terjadi peningkatan peserta dari tahun sebelumnya terutama untuk wilayah Kalimantan Tengah. Tercatat dua sekolah menengah atas dari provinsi tetangga tersebut ikut menjuarai kategori lomba tim SMA. SMAN 1 Sei.Pandang sebagai juara dua dan SMAN 3 Kuala Kapuas sebagai juara tiga. Sedangkan juara pertama adalah SMAN 1 Martapura. Cukup mengejutkan tim-tim kuat dari sekolah menengah atas di Banjarmasin tersisih di semifinal.
Untuk sekolah menengah kejuruan sendiri, SMKN 2 Simpang Empat Tanah Bumbu memborong dua piala kategori tim SMK sekaligus, masing-masing juara pertama dan juara ketiga. Setelah sebelumnya bertemu dalam final sengit dengan rival mereka tahun lalu, juara bertahan SMKN 1 Banjarmasin yang harus rela dengan juara kedua.
Dalam kategori lomba perorangan SMA, Jawiah dari MAN 2 Model Banjarmasin sukses membawa nama baik sekolahnya menjadi pemenang. Mengalahkan Humaida dari SMAN 1 Martapura yang sebelumnya mendapatkan nilai sempurna di babak penyisihan. Sedangkan juara ketiga sendiri diraih oleh Novianti dari SMAN 1 Amuntai.
Juara pertama kategori lomba perorangan SMK masih berhasil dipertahankan oleh SMKN 2 Simpang Empat. Walaupun di babak penyisihan hanya menduduki urutan ketiga, tetapi Syarifah Berlian berhasil keluar sebagai juara setelah melewati final. Untuk juara kedua dan ketiga masing-masing diperoleh SMKN 3 Banjarmasin, Latifah, dan SMKN 1 Banjarmasin, Dantisa.
Juara-juara baru bermunculan dalam Lomba Cepat Tepat Akuntansi tahun 2012 ini. Dominasi wakil Banjarmasin berkurang tahun ini. Secara mengejutkan kategori lomba tim SMA diraih oleh sekolah di luar Banjarmasin. Untuk kategori lomba SMK sendiri, Tanah Bumbu mendominasi juara. Perwakilan dari Martapura, Amuntai, Kuala Kapuas, dan Tanah Bumbu mampu membuktikan bahwa akuntansi juga berkembang pesat di daerah.
LCTA tahun depan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *