Browse By

Jejak Alumni LPM Jurnal Kampus FE Unlam

Minim Kegiatan, Angga Pertahankan JK

 Mengawali kariernya sebagai Ketua Umum di organisasi LPM Jurnal Kampus Fakultas Ekonomi Unlam pada periode 2007-2008, dia yang bernama lengkap Anggara Pratama, SE ini waktu dulu sangat mencintai JK. Buktinya pada saat masa kepemimpinannya Angga (panggilan akrabnya) bersusah payah dan berusaha mempertahankan keadaan JK dikarenakan minimnya kegiatan, sehingga dengan usahanya itu perlahan-lahan JK mulai bangkit.
Lelaki kelahiran 6 Februari 1986 ini mengaku sangat terkesan berada di JK. “Aku banyak belajar cara berinteraksi dengan sesama, memimpin dan dipimpin, dan jugamenjadi mahasiswa yang mandiri,” ujarnya saat dikonfirmasi Kru Wajar, Sabtu (21/1).

Angga berharap keberadaan JK kedepan tetap terus berjuang karena menurutnya perjalanan masih panjang. “JK adalah sebuah UKM yang hebat, manfaatkan media untuk berkarya dan tetap semangat,” Katanya mantap.(*)
Biodata :
          Nama : Anggara Pratama, SE
          Tanggal lahir : Banjarmasin, 6 Februari 1986
          Riwayat organisasi :
-Ketua study tour kelompok ilmiah remaja SMAN 1 BJM periode 2001-2002
-Koordinator badan pekerja majelis perwakilan kelas SMAN 1 BJM periode 2002-2003
-Koordinator divisi buletin kelompok studi islam SMAN 1 BJM periode 2002-2003
-Anggota divisi II Himpunan Mahasiswa Akuntansi periode 2005-2006
-Ketua Umum LPM Jurnal Kampus periode 2007-2008
          Pekerjaan :PNS Pemkab Barito Kuala
          Status : Menikah
          Nama istri : Fitriana Lestari S.Sos
          Motto hidup : Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin
 

Nikmati Suka Duka Bersama JK

Sebanyak empat jabatan yang pernah ia lalui dari tahun 2007 sampai 2011 dan sekarang menjadi alumni LPM Jurnal Kampus membuatnya begitu mantap didalam dunia jurnalistik. Cewek cantik yang bernama lengkap Eka Elmina Wuladari Sugianto atau yang akrab disapa Wulan ini sangat menyukai Photography.
Keberadaannya di JK diwaktu itu sangat berperan penting dalam berjalankan roda organisasi JK, mulai dari anggota mading, Bendahara, Sekretaris melonjak menjadi Anggota Luar Biasa. “Kondisi JK dari waktu kewaktu selalu meningkat, mulai dari kualitas bahkan kuantitasnya. Banyak sisi positif yang ditimbulkan oleh JK, dan berhasil eksis sebagai media,” Bebernya saat Kru Wajarkonfirmasi, Senin (23/1).
Memiliki motto hidup “Lakukan yang terbaik dan mengingat orang-orang yang disayangi” Wulan memiliki kesan dan pengalaman saat berada di JK. Menurutnya susah untuk dijabarkan saking banyaknya yang didapat. “Yang paling seru pas JK ngadaen event disana terlihat sekali bagaimana hubungan antara tiap anggota, merasakan senang dan susahnya bersama. JK banyak mengajarkan bagaimana organisasi itu bisa berjalan efektif, kerja tim dan kekeluargaan,” Beber cewek yang masih aktif  kuliah disemester akhir ini.
“Aku berharap JK kedepan terus berkarya, tingkatkan kualitas yang ada, jalankan fungsinya sebagai media informasi dan aspirasi mahasiswa di Fakultas Ekonomi Unlam,” Harapnya. (*)
          Nama : Eka Elmina Wulandari Sugianto
          Tanggal Lahir : 10 Juni 1989
          Riwayat Organisasi : LPM Jurnal Kampus
          Pekerjaan : Mahasiswi
          Status : Belum Menikah
          Motto Hidup : Lakukan Yang Terbaik Dan Mengingat Orang-Orang Yang Disayang
          Hobi : Photography Dan Menyanyi
Coretan Kecil Untuk JK

Berbicara tentang track record saya sebagai seseorang yang menyukai bidang kepenulisan, maka tak lengkaplah rasanya apabila saya tak membicarakan LPM – Jurnal Kampus. Sebuah organisasi yang mengenalkan saya pada bidang jurnalistik saat saya pertama kali memasuki dunia perkuliahan.
Dunia jurnalistik sebenarnya tak begitu baru bagi saya, karena sewaktu saya kecil, saya terlalu sering ikut ngantor dengan ayah saya yang saat itu berpropesi sebagai Wakil Redpel di salah satu koran harian Kalsel. Tapi terus terang, untuk terjun langsung di dunia ini, merupakan sesuatu hal yang sangatlah baru bagi saya. J
Saya ingat betul, awal saya bergabung dengan LPM ini dimulai pada saat saya baru menjadi mahasiswa baru. Kebetulan sekali, salah satu pengurus intinya ngekos dirumah saya, jadi saya tak perlu repot lagi tanya sana-sini dimana kesekretariatannya.
Menarik saat saya pertama kali mengikuti rapatnya, apalagi saat saya berebut posisi ingin menjadi kordinator mading yang akan diterbitkan JK pertama kalinya. Walaupun Tuhan berkehendak lain, dengan cara tidak memilih saya untuk menjadi kordinatornya pada saat itu. Tuhan cukup adil, karena saya berbohong pernah menjadi pengurus mading sekolah saat ditanya, ha, padahal mana pernah. Tapi itu semua, terlepas dari baik atau buruk, disini saya dapat menggambarkan, pada saat itu benih-benih JK mencoba berlomba untuk memberikan dedikasi terbaik untuk membesarkan organisasi.
JK yang sekarang memang tidak bisa dibandingkan dengan yang dulu. Beberapa waktu setelah saya menjadi anggota JK, saya kemudian dipercayai untuk memegang amanat tertinggi dalam organisasi, yaitu Ketua Umum untuk periode 2008-2009.
Pada saat itu kami semua merasa memulai organisasi ini dari awal lagi, dari dasar, baik dalam kepengurusan, program, maupun kerja sama tim diantara para pengurus sendiri. Saya benar-benar perlu belajar banyak serta ekstra saat itu, karena saya memang tak tau banyak tentang jurnalistik, hanya sekedar tahu, tapi miskin implementasi.
Ingat betul saya, kilas balik bangkitnya organisasi ini yang membawanya pada sebuah perubahan yang sangat baik dimulai pada sebuah forum resmi Fakultas. Disana anggota JK dikritik sebagai organisasi Pers yang tidak punya media penyuara aspirasi Mahasiswa. Sepulang dari sana, kami merasa tertantang untuk menerbitkan tabloid pertama kalinya, dibantu oleh salah satu kerabat dari Pers Universitas pada saat itu, Tabloid JK pun lahir sebagai corong resmi penyuara aspirasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNLAM.
Kemudian untuk lebih terus meningkatkan bargaining position JK di mata organisasi lain maupun dihadapan petinggi Fakultas, tak lama berselang kami mampu melaksanakan kegiatan seminar bertema Jurnalistik pertama kalinya. Kemudian disusul dengan acara ke 2, yakni Green Jurnalistik.
Jika ditanya pada saat moment apa yang menarik bagi saya saat itu, tentu penerbitan Tabloid pertama JK, bagaimana perasaan bangga, syukur, dan rasa lelah bercampur aduk jadi satu. Kami pun dengan bangga menentengnya keseluruh penjuru Fakultas untuk mengabarkan bahwa kami ada. J
Terlepas dari masih banyaknya kekurangan kami saat itu, saya sangat bersyukur semua upaya keras kami telah berhasil menancapkan tiang pondasi terdasar JK untuk dapat dilanjutkan oleh benih-benih generasi JK yang baru, saya rasa mereka ini telah jauh lebih penuh dedikasi maupun kreatifitas dari kami-kami pendahulu.
Perjalanan JK sebagai organisasi Jurnlistis masih jauh dari berakhir dan JK sendiri masih harus terus menancapkan jati dirinya sebagai Organisasi Jurnalistik yang mewakili Fakultas Ekonomi pada khususnya. Perjuangan masih berlanjut..!(*)
Biodata:
Nama                           : Arief Rahman
TTL                              : Barabai, 5 Oktober 1989
Pekerjaan                     : Wartawan Media Kalimantan
Hoby                            : Menulis
Riwayat Organisasi   : LPM – Jurnal Kampus FE UNLAM, Himpunan Mahasiswa Islam Komisaiat UNLAM, FOKAR, Golkar Provinsi Kalsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *