Browse By

Makin Giat Kembangkan Usaha JABOER


Salah satu peserta yang mewakili Fakultas Ekonomi Unlam sekaligus tingkat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yakni Anis Dian, Noor Musadad, dan Eko Budi R  mampu menembus babak pertiga final bahkan menjadi sang juara satu di Program Business Plan 2012 yang berlangsung di Universitas Brawijaya Malang beberapa waktu lalu.
Prestasi yang sangat mengejutkan ini dipersembahkan oleh tim dengan nama proposal bisnis JABOER yakni (Java Boerneo), produk gabungan antara kain batik dan sasirangan ini mampu mengantarkan mereka juara pertama mengalahkan tim beratnya dari Universitas Airlangga Surabaya dan tuan rumah Universitas Brawijaya Malang.
Sebelumnya, proposal yang masuk sebanyak 2.500 proposal yang kemudian diseleksi menjadi 10 besar dan 3 besar termasuk Unlam didalamnya. Mahasiswa Akuntansi Ekstensi Noor Musadad mengatakan dirinya dan tim baru pertama kali ikut dalam Program Business Plan ini.

 “Latar belakang kami mengukti program ini tentu dengan keyakinan bahwa proposal yang kami buat yakni Java Boernoe berkombinasi menjadi satu merupakan sesuatu hal yang sangat langka, kami ingin mengangkat dan memperkenalkan kain sasirangan kedunia luar sebagai kain khas Kalimantan Selatan”, paparnya kepada Kru Jurnal Kampus.
JABOER adalah pakaian sasirangan yang divariasikan dengan batik. Bentuk dari JABOER sendiri berupa : kaos, polo, kemeja, blazer, long dress, mini dress dan lain sebagainya.
Sedangkan Anis Dian yang merupakan satu-satunya cewek ditim JABOER berharap bisnis ini dapat dijalankan dengan mendapatkan dukungan dari fakultas dan universitas, dengan bimbingan, dana, motivasi dan sopport yang tinggi.
 “Dengan adanya bisnis ini kami mengajak para remaja untuk dapat melestarikan budaya daerah dalam hal ini kain sasirangan,” ujar mahasiswa jurusan Ilmu Studi Ekonomi Pembangunan ini.
 Saat itu lanjut Anis, promosi usaha JABOER tetap berlanjut sampai sekarang dengan berbagai promosi yang dijalankan seperti face to face, keluarga bahkan sampai ke teman-teman yang ada di kampus.
Selain terbatasnya modal dan bahan baku, Anis mengaku juga mempunyai kendala dalam masalah pemasaran seperti kurang berminatnya kaula muda dengan sasirangan.
“Anak muda sekarang jarang mau memakai sasirangan, mereka lebih tertarik dengan pakaian–pakaian luar negeri yang booming di Indonesia saat ini,” ungkapnya.
Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut Anis bersama dua rekannya akan berencana meminjam modal melalui program pemerintah yang bernama KUR (Kredit Usaha Rakyat), supaya ada tambahan modal untuk membeli lebih banyak bahan baku dan juga untuk menghemat cost produksi bahan baku.
Anis menginginkan usaha JABOER-nya akan lebih popular di kalangan anak muda sehingga mencintai budaya banjar khususnya dan budaya indonesia pada umumnya.(*)
Tentang usaha :  
Nama Pemilik Usaha               : Anis Dian, Noor Musadad, dan Eko Budi R 
Nama Produk                          : Jaboer (Java Boernoe)
Kontak Pemesanan                 : 082118888451 / BBM 261531A5
Alamat usaha                          : Jl. Bandamasih No.10 Komp.DPR Seberang Suaka Insan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *