Browse By

PROFIL : Goyangkan Kaki Atasi Gugup

Dari ceplas-ceplos akhirnya menjadi hobi, Nur Rahmawati (20) tak menyangka bakal bergelut dengan dunia ngemsi. Selain karena niat ia juga sadar bahwa di dalam dirinya ada bakat untuk berkomunikasi dengan baik kepada orang lain.
“Dari SD itu aku sudah suka tampil sebagai pembawa acara. Buktinya setiap kali upacara bendera aku pasti jadi pembawa acara. Malah jangan sampai waktu itu ada teman-teman yang ngambil porsi untuk bawa acara di upacara,” ungkap gadis yang akrab disapa Rahma ini sambil tersenyum.
Sejak memasuki SMA sampai dengan kuliah di Fakultas Ekonomi Unlam ia sering menjadi MC di acara-acara pendidikan. Tak hanya di tingkat acara mahasiswa saja, namun juga di acara nasional.
“Selama ini aku sering tampil di acara kampus saja, belum pernah ngemsi di luar karena waktuku lumayan padat untuk kuliah,” ujar lulusan SMAN 1 Banjarmasin ini.

Hal tersulit yang dirasakannya saat menjadi MC adalah bagaimana mengajak orang untuk berinteraksi tetapi orang tersebut tidak respek. Kalau sudah begitu ia akan mengganti orang untuk diajak kembali berinteraksi.
“Aku paling suka berinteraksi dengan orang lain, namun kalau orang tersebut tidak respek saat aku ajak berinteraksi, ya aku ganti orang aja,” katanya.
Beberapa hal yang menurutnya perlu diperhatikan saat ngemsi, selain pandai mengajak interaksi orang lain, juga yang perlu diperhatikan adalah kata-kata yang akan disampaikan ke audiensi. Apakah acara formal atau tidak.
Bahkan perempuan kelahiran Kuala Kapuas, 22 Oktober 1993 ini pernah berbicara bahasa banjar di salah satu acara formal yang dihadiri oleh menteri UMKM yaitu Economic Development Change tahun 2012.
“Sempat malu juga kemarin kecoplosan mengunakan bahasa banjar, mungkin karena aku gugup,” cetusnya sembari tertawa.
Saking gugupnya anak pasangan Safiudin dan Tinduh ini mengaku sampai mual-mual saat sebelum tampil. Untuk mengatasi hal tersebut selain latihan sendiri, ia juga melakukan persiapan khusus yakni menggoyang-goyangkan kaki.
“Cara jitu untuk menghilangkan grogi, biasanya aku sering mengoyang-goyangkan kaki sebelum tampil,” ujarnya.
Baginya gugup merupakan hal biasa yang ia hadapi, kini pengalaman yang tak terlupakan banyak ia dapatkan. Pernah tampil didepan delegasi seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia di acara ECCOS 2012 dan menteri membuatnya semakin percaya diri dalam berkarier di dunia MC.
“Berkat ngemsi aku mudah berinteraksi dengan orang lain, bahkan menyenangkan dan menambah kepercayaan diri,” pungkasnya. (ee)
BIODATA :
Nama               : Nur Rahmawati
Panggilan          : Rahma
TTL                  : Kuala Kapuas, 22 Oktober 1993
Cita-Cita           : Dosen
Pendidikan        : Mahasiswa Ilmu Ekonomi Study Pembangunan FE Unlam
Orang Tua         : Safiudin – Tinduh
Lulusan             : SMAN 1 Banjarmasin
Alamat             : Jalan Jahri Saleh, Komplek Alangsari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *