Browse By

SOSOK : Marah Untuk Kebaikan


Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan menjadi sangat penting keberadaannya dalam struktur organisasi Fakultas Ekonomi Unlam, disingkat Kasubag Kemahasiswaan dikatakan penting, karena disinilah segala macam beasiswa disediakan bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi. Namun dibalik Kasubag Kemahasiswaan ini ada salah satu sosok yang wajib kita ketahui. Penasaran…
Kali ini Kru Jurnal Kampus tertarik dengan mengadakan wawancara langsung dengan pimpinan Kasubag Kemahasiswaan yang baru ini, kenapa?… Kata sebagian mahasiswa sih, ibu yang bernama lengkap Muslimah, SE ini galak. Eiiit….tunggu dulu teman, sebenarnya ibu yang akrab dipanggil Ibu Imus ini justru sangat sayang dengan mahasiswa, bahkan beliau menganggapnya sebagai anak sendiri.
Mengabdi di Fakultas Ekonomi Unlam Banjarmasin selama hampir tiga dekade dan sekarang menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan. Tentunya Ibu Muslimah sudah sangat di kenal oleh para penghuni Fakultas Ekonomi baik mahasiswa, dosen, dan para petinggi fakultas sendiri.

Memulai karir sebagai staf honorer di Fakultas Pertanian Unlam Banjarbaru setelah lulus SMA, sebelum akhirnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada bulan Maret 1982. Ibu Muslimah mengaku baru pindah ke Fakultas Ekonomi pada 1 April 1983 setelah menikah dengan sang suami yang merupakan orang Banjarmasin.
“Kebetulan ibu dapat suami orang Banjarmasin yang juga bekerja di lingkungan Rektorat Unlam Banjarmasin, jadi akhirnya ibu pindah ke sini, ke Fakultas Ekonomi ini,” kata Bu Muslimah.
Di Fakultas Ekonomi sendiri sebelum menjabat sebagai Kasubag. Kemahasiswaan, Bu Muslimah juga pernah menjabat sebagai Kasubag. Keuangan dan Kepegawaian semenjak tahun 2001 sampai dengan tahun 2011.
“Tahun 2001 ibu di angkat menjadi Kasubag. Keuangan dan Kepegawaian walaupun statusnya hanya Pelaksana Harian karena pada saat itu ibu belum mengikuti Pendidikan Kepemimpinan. Barulah pada tahun 2002 ibu di angkat secara penuh setelah menyelesaikan Pendidikan Kepemimpinan,” cerita Bu Muslimah yang telah memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin pada tahun 1998.
Semenjak dilantik menjadi Kasubag. Kemahasiswaan pada 20 Juli 2011 lalu, Ibu Muslimah berniat untuk membenahi tugas-tugasnya yang akan datang seperti membantu masalah mahasiswa dan memberikan jalan keluar.
“Yang paling sensitif itu biasanya masalah beasiswa BBM, karena memang perihal pengurusan beasiswa itu wewenang Bagian Kemahasiswaan,” sebut Bu Muslimah yang juga di percaya memegang IKOMA FE dan posisi Sekretaris Dharma Wanita Unlam ini .
Karenanya Ibu Muslimah mengajak para mahasiswa agar ikut menilai apakah seseorang itu pantas mendapatkan cipratan beasiswa atau tidak. “Banyak mahasiswa komplain kenapa si A dapat beasiswa padahal handphone-nya blackberry. Nah, kedepannya yang seperti ini harus kita tertibkan bersama,” ajak  Bu Muslimah.
Ibu Muslimah mengaku tidak pernah mengalami kendala berarti selama menjalani tugas yang di amanatkan kepada beliau, begitupula dalam hall membagi waktu untuk keluarga.
“Waktu untuk berkumpul bersama keluarga itu tetap ada seperti makan pagi, makan malam, dan juga kebutuhan untuk anak-anak itu sudah ibu siapkan lebih dulu,” ujar Bu Muslimah.
“Satu anak ibu sudah berkeluarga, satunya lagi kuliah, jadi tinggal satu orang yang masih SD. Di hari minggu biasanya kami masih bisa berkumpul bersama.” Tambahnya.
Kesibukan dan keseharian Ibu Muslimah ini selain sebagai Pegawai Negeri di Fakultas Ekonomi unlam, dia juga sebagai ibu rumah tangga.
“Ga banyak kok kegiatan, masuk kerja jam 9 pagi pulangnya jam 4 sore, selebihnya ya mengurus rumah tangga, ikut arisan ibu-ibu dan kegiatan kerohanian,” katanya.
“Selama menjabat sebagai Kasubag Kepegawaian dan Keuangan biasanya saya selalu ditanya kalau ada kenaikan pangkat dosen, nah kalau yang tidak naik-naik pangkat ibu yang selalu ditanyai seakan-akan ada apa? namun saya yakin saja bahwa semuanya dilakukan sesuai dengan prosedur, jadi itu pengalaman yang sering saya temui,” kenangnya dengan seksama.
Mengenai sifatnya yang agak galak ini memang diakuinya, sifat yang merupakan asli dalam diri seseorang biasanya tidak bisa dihilangkan bahkan susah, namun sekali lagi teman, ingat sesungguhnya dia sangat menyayangi kita sebagaii mahasiswa bahkan sudah dianggapnya sebagai anak.
“Kalau kalian baik dengan saya, datang, bicara dengan etika yang baik ngapaen saya marah, kalau saya marah tak lain itu semua demi kebaikan kalian,” cetusnya
“Saya itu kalau habis marah pasti merenung, kalau memang saya yang salah pasti minta maaf sama orang yang saya marahi itu,” tambahnya.
Semua itu demi sebuah kebaikan mahasiswa, maka dia pun berkeinginan mahasiswa Fakultas Ekonomi menjalankan tugas pokoknya yaitu mengikuti perkuliahan dengan baik, adapun organisasi adalah pelengkap untuk mencari dan mengembangkan ilmu dan pengalaman.  
“Saya ingin mahasiswa itu berprestasi dan aktif diorganisasi tanpa mengabaikan tugas pokoknya yaitu kuliah, agar menjadi orang yang berguna,” pintanya .
Utamakan Tugas Pokok
Sebagai Kasubag Kemahasiswaan, Ibu Muslimah lebih senang memposisikan diri sebagai Ibu dari para mahasiswa dan menganggap mereka sebagai anak. Karenanya Ibu Muslimah mengingatkan agar para mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi tidak melupakan tugas pokok mereka sebagai mahasiswa yaitu belajar.
“Jangan sampai tugas pokok di abaikan. Ya jangan di nomor duakanlah,” tegas beliau.
Ibu Muslimah mengaku selalu memantau kegiatan  mahasiswa dan juga telah melakukan pendekatan melalui organisasi tanpa bermaksud mengintervensi. Walaupun begitu Ibu Muslimah mengatakan kalau semua ini kembali ke diri masing-masing mahasiswa dalam bertindak dan menyikapinya.
“Ibu hanya sekedar mengingatkan, memotivasi. Karena mahasiswa itu harus punya keinginan, punya cita-cita, mahasiswa harus punya tujuan.” tambahnya.
Selain itu Ibu Muslimah juga  berharap melihat semua mahasiswa di Fakultas Ekonomi berhasil menjadi sarjana. “Ibu  ingin melihat kalian jadi berhasil sebagaii sarjana, jadi mahasiswa yang berguna. Ya sesuai dengan keinginan orang tua kalianlah.” Pintanya (*)
BIODATA
Nama                                       : Muslimah, SE
Tempat, Tgl Lahir                       : Martapura, 2 November 1962
Hobi                                         : Jalan-jalan dan piknik
Riwayat jabatan             :
       Staf di Fakultas Pertanian Unlam (1982-1983)
       Staf di Fakultas Ekonomi Unlam (1983-2001)
       Kasubag Kepegawaian dan Keuangan di Fakultas Ekonomi Unlam (2001-2011)
       Kasubag Kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi Unlam (2011-Sekarang)
Motto hidup                               : Hidup itu untuk dinikmati
Pesan buat mahasiswa              : “Utamakan tugas pokok kalian yaitu kuliah, jangan sampai diabaikan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *