Browse By

6 Tips Belajar Ala Mahasiswa

Oleh : Rizky Hafiz
Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Unlam
 
Proses adaptasi dari dunia sekolah ke dunia perkuliahan relatif tidak mudah bagi beberapa mahasiswa baru. Kenyataannya, ada beberapa hal berbeda yang harus di perhatikan agar proses adaptasi ini tidak menjadi hambatan untuk meraih prestasi akademis.
 
Berikut ada beberapa tips dalam mengikuti perkuliahan yang saya kutip dari seminar yang pernah saya ikuti beberapa waktu lalu yang disampaikan oleh ibu Dr. Ade Adriani, SE.,Ak.,M.Si. bertemakan “Mengenal, Belajar, dan Memahami Jati Diri Mahasiswa” .

1.     Mempersiapkan diri sebelum mengikuti kuliah.
Niat, banyak orang mengatakan semuanya berasal dari niat, begitu pula dengan niat kita kuliah. Niat kuliah yang tulus tentu akan memudahkan kita dalam menjalani kuliah itu sendiri.

2.     Membaca materi dari rumah.
Ada baiknya kita mempelajari lebih dulu bab yang akan di bahas dosen pada kesempatan yang akan datang, sehingga setidaknya kita sudah “agak sedikit” menguasai materi saat dosen memaparkan kuliahnya. Perlu di ingat dosen hanya akan “sedikit” memaparkan materi utama, sisanya? Mahasiswa di tuntut untuk belajar sendiri.

3.     Tidak datang terlambat.
Orang yang masuk terlambat ke dalam kelas hanya akan menggangu konsentrasi ketika kuliah berlangsung, dosen yang tegas biasanya tidak akan mengijinkan anda masuk bila terlambat, ada juga dosen yang mengunci pintu masuk selama kuliah berlangsung.

4.     Memperhatikan posisi duduk.
Lupakan motto “duduk paling belakang = santai”, yang ada anda malah akan dicap negatif oleh dosen karena bagi dosen “duduk paling belakang = tidak memperhatikan” sementara “duduk paling depan = serius kuliah”. Perlu diingat nilai anda tergantung pandangan dosen terhadap anda.

5.     Rajin mencatat materi kuliah.
Kembali pada sebuah motto lama, “lebih banyak lebih baik”, semakin banyak anda mencatat berarti semakin serius anda kuliah, kenapa? Karena dosen itu lebih banyak memaparkan materi melalui omongan/ dialog di bandingkan menuliskan materi di papan tulis. Tugas kita? Mencatat poin-poin penting dari ucapan sang dosen.
 
6.     Menyalin kembali catatan.
Berhubungan dengan poin di atas, di karenakan biasanya tulisan kita semrawut karena mengejar omongan dosen. Jadi ada baiknya kita tulis ulang, selain membuatnya lebih rapi berarti kita juga membaca kembali catatan kita tadi sehingga “sambil menyelam minum air.”

Semoga tips-tips di atas dapat berguna dalam menghadapi dunia perkuliahan. Salam mahasiswa !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *