Browse By

Bikin Baju Cosplay Sendiri


 HaChi (Harajuku Community) merupakan komunitas pencinta style harajuku dari jepang. Berawal dari grup pencinta Style Harajuku  di facebook yang kegiatannya hanya sebatas di dunia maya, kemudian diputuskan untuk diadakan gathering pada 18 April 2010 yang merupakan berdirinya komunitas tersebut.
Meski Cuma dihadiri 5 orang, namun saat setiap Minggu mereka rutin mengadakan pertemuan. Selain sharing tentang berbagai macam hal tentang budaya Jepang, mereka juga membuat kostum sendiri untuk berbagai penampilan.
“Kami sering tampil di Banjarmasin dan Banjarbaru dalam acara sekolah-sekolah maupun event. Untuk baju kami membuat sendiri, kami hanya membeli bahan-bahannya saja,” ujar Ketua Hachi, Ahmad Rani Saputra.

Tak hanya pandai membuat, ternyata mereka juga menerima pesanan order baju Jepang bagi yang berminat. Menurut lelaki yang akrab di sapa Uta ini banyaknya job yang mereka terima dan setiap tahun pasti ada mengharuskan mereka berkreasi sendiri untuk membuat baju cosplay.
Berbagai persiapan pun mereka lakukan mulai dari latihan anime, mempersiapakan costum, dan lagu-lagu sebagai penunjang. “Saat ini kami sudah mempersiapkan costum bikinan sendiri, dan latihan dengan melihat video anime-anime Jepang,” ujar Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika di Uniska.
Komunitas yang baru-baru saja menyabet gelar juara 1 tim, Best Costom, dan Best Perform di lomba Smasa beberapa waktu lalu tak hanya melulu bergelut dengan mengikuti lomba dan tampil diberbagai acara.
Mereka juga punya aksi sosial kemasyarakatan yang sudah berjalan hampir sepuluh kali. “Selain ke panti kami juga pernah melakukan aks penggalangan dana ke jalan untuk korban bencana gempa di Jogja beberapa waktu lalu,” ujar Uta.
Saat tampil dalam berbagai acara, kesulitan-kesulitan pun pernah mereka rasakan, seperti topeng ada yang patah dan lepas. “Disini ada beberapa style yang kami tampilkan yakni Kamen Raider, Samurai Jepang dan Game Warior,” katanya.
Tak hanya soal cosplay melulu yang mereka tampilkan, ternyata hobi lain juga mereka kembangkan seperti dance dan band, tentunya ala jepang. “Hobi tentang Jepang kan tak hanya soal cosplay disini pun kami menampung hobi anggota yang suka ngedance dan band,” jelasnya.
Seperti halnya salah satu anggota Hachi, Edo mengaku ikut bergelut di Hachi karena hobi dengan anime-anime jepang, terutama Style Harajuku.
Menurutnya ikut di hachi untuk menyalurkan hobi seperti menjahit costum. “Biasanya kan temen-temen bikin costum jahit sendiri, karena rame-rame mengerjakannya, aku jadi bisa menjahit,” ujarnya sembari tertawa.
Beda lagi dengan cewek berwajah mirip jepang ini, Ezzha mengikuti Hachi karena saudaranya juga penyuka style harajuku. “Kebetulan saudara ku itu pengoleksi aksesori jepang, kaya flim, baju, bahkan buku,” ujarnya. (*)
Tips & Trik
Belajar Lewat Video
Sebelum tampil dalam berbagai event, sejumlah persiapan harus mereka siapkan matang-matang, agar dalam membawakan penampilan cosplay harajuku tidak mengecewakan pengujung, misalnya :
Baju dan perlengkapan harus sudah disiapkan jauh-jauh hari agar tidak tergesak-gesak.
-Mempelajari lagu dan flim tentang karakter yang akan ditampilkan.
-Latihan-latihan dengan gaya seperti aslinya.
-Saat tampil apabila terjadi hal yang tidak diduga misalnya topeng lepas,maka tetap dilanjutkan penampilannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *