Browse By

Coming Soon Learn Public Speaking 2013 – Berkomunikasi Untuk Motivasi



Oleh : Tim Panitia Learn Public Speaking 2013
Seseorang harus memahami kepribadiannya sebelum menciptakan sebuah komunikasi. Memang sangat sulit untuk berkepribadian seperti yang kita inginkan, dalam hal ini ingin menjadi orang yang selalu siap tampil berbicara didepan banyak orang. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Hal ini seiring dengan pendapat Andrew Mccarty, Ph. D didalam bukunya yang berjudul berpikir positif (2007) mengatakan bahwa berpikir positif dan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap diri sendiri merupakan hal yang sangat penting dan mendasar untuk memperbaiki kepribadian seseorang.
Komunikator yang baik yaitu apabila ia berkomunikasi sesuai dengan motivasi dari dalam dirinya. Yakni motivasi untuk memberikan pengetahuan baru bagi pendengarnya. Artinya, motivasi akan menjadi lebih penting dibandingkan umur, jabatan, status keuangan, ras, agama, pendidikan, jenis kelamin, dan berbagai unsur saat berkomunikasi.
Namun permasalahannya yaitu tidak semua orang mampu berbicara dengan baik dan benar di depan orang yang banyak orang. Hal tersebut sesuai dengan pengalaman yang kami dan sebagian teman saya, bahwa berbicara di depan banyak orang terdapat beberapa halangan yang terkadang tidak bia diidentifikasi alasannya. Oleh karena itu, kami tertarik untuk membahas masalah dalam ini dalam sebuah kegiatan.

Setiap orang pasti merasa tidak percaya diri (grogi) untuk berbicara didepan umum. Akbiatnya, muncullah suatu persepsi bahwa untuk menjadi seorang public speakingharuslah memiliki kemampuan mendasar yang dinamakan softskill. Akan tetapi, masih banyak pula public speaking ternama yang berkata bahwa dirinya selalu mengalami grogi sesaat sebelum berbicara di depan para calon pendengarnya. Artinya, keterbatasan softskill bukanlah alasan bagi seseorang untuk tidak mmapu terampil berbicara didepan orang banyak. Ketidakpercayaan diri itu dipengaruhi oleh sejauh mana seseorang mempersiapkan dirinya untuk tampil di depan publik, baik segi topik pembicaraan, fisik, mapun finansial dan mental.
Permasalahan lainnya yang dialami yaitu kurangnya penguasaaan materi yang akan disampaikan. Seseorang pembicara selalu berharap mendapatkan banyak dukungan terhadap pendapat dan materi yang akan disampaikan. Akan tetapi, sebagian besar cenderung merasa rendah diri terhadap permasalahan ini. Khususnya ketika ia membandingkan dirinya dengan tingkat status, nilai, penampilan, penghasilan, dan kecerdasan dari calon pendengar yang akan dihadapinya. Secara langsung hal ini akan menyebabkan depresi. Maka dari itu dibutuhkanlah sebuah kekuatan dari dalam diri individu untuk selalu berpikir positif. Potensi-potensi yang ada pada diri kita hanya butuh ditampilkan.
Public Speaking dan Urgensinya
Ketua Umum LPM Jurnal Kampus FE Unlam Periode 2013-2014 Karlina menjelaskan saat ini banyak tokoh yang terkenal dan menorehkan sejarah dunia bukan karena kekayaan atau jabatannya, melainkan karena kemampuan mereka dalam hal menginspirasi jutaan orang. Kemampuan inilah yang dinamakan public speaking. “Dengan mengikuti perkembangan zaman, kemampuan ini mungkin tidak dapat membuat kita melakukan hal yang sama seperti tokoh-tokoh terdahulu. Akan tetapi, hampir dipastikan kemampuan ini mampu membawa kita memperoleh kesuksesan di berbagai bidang,” kata Karlina.
Di Indonesia sendiri, masyarakat cenderung menghargai dan menerima seseorang uang mampu menyampaikan ide-idenya dalam bahasa yang dimengerti oleh publik. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berkomunikasi, khususnya public speaking, menjadi kemampuan yang harus dimiliki setiap individu agar mampu bersaing di zaman yang semakin dinamis.
Sementara itu Muhammad Riski Selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan yang akan digelar oleh LPM Jurnal Kampus FE Unlam yakni Learn Publis Speaking 2013  mengatakan tujuan Public Speaking tidak terlepas dari tujuan komunikasi, yaitu menyampaikan pesan dan ide kepada publik dengan metode yang sesuai sehingga publik bisa memahami pesan atau ide, dan kemudian memperoleh manfaat dari pesan tersebut. “Sehubungan dengan ini melalui organisasi LPM Jurnal Kampus, kami akan menggelar acara yang berkaintan dengan Public Speaking,” ujarnya. (*)
Coming Soon…
LPM Jurnal Kampus FE Unlam Menghadirkan

Learn Public Speaking 2013

Banjarmasin, 12 Oktober 2013

Sesi I : Menguasai Dasar-Dasar Public Speaking Dalam 60 Menit

Sesi II : Sambut Karir Cemerlang Dengan Keterampilam Public Speaking

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *