Browse By

“Dosen Pembimbingku…”

Oleh : Dian Retno Pertiwi

Dewan Penasehat LPM Jurnal Kampus FE Unlam

Dosen Pembimbingku…
Yang namanya kuliah, tidak akan lepas dari prosedur konsul-mengonsul dan ketemuan sama dosen pembimbing. Entah itu menjelang semester baru, atau mungkin menyusun skripsi. Berbagai macam karakter dari dosen pembimbing membuat mahasiswa di seluruh UNLAM, bahkan seluruh Indonesia dilema tentang bagaimana manner yang tepat untuk berhadapan dengan dosen pembimbingnya.
Hal yang sama juga kita hadapi sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi UNLAM. Setiap awal semester baru, kita sebagai mahasiswa maupun kakak-kakak tingkat yang sedang menyusun skripsi harus menghadapi dosen pembimbingnya masing-masing. Ada yang santai, karena dosen pembimbingnya santai. Ada yang stress duluan, karena dosen pembimbingnya terkenal super sibuk dan susah ditemuin. Ada juga yang panas-dingin karena dosen pembimbingnya super killer.

Karakter dosen di FE UNLAM sangat beragam. Ada dosen yang amit-amit susahnya ditemuin, dan kalo ditelpon, mahasiswanya diomelin sampai trauma, ogah nelpon lagi. Ada juga dosen-dosen yang bersikap welcomebanget sama mahasiswanya dan bahkan bisa diajak sms-an gaul. Saat konsul tatap muka, ada dosen yang tidak mengomentari penurunan IP kita dan kesannya tidak peduli, disaat dosen lain melihat C+ kita yang pertama dan langsung keluar tanduk, menasehati (atau mengomeli?) habis-habisan. Haha.
Yah, berbagai karakter dosen tadi kudu-musti-harus kita pahami dan (kalau bisa) maklumi. Sebaiknya, para dosen jangan galak-galak sama mahasiswa (bukan berarti di Fekon ini semua dosen galak lo yah) dan lebih welcome terhadap mahasiswa bimbingannya. Mahasiswa juga harus paham dan maklum, dosen punya kesibukan lain, tidak semua dosen bisa standby terus di kampus. Dan lagi, kita juga harus punya manner/ perilaku/ sopan santun yang baik dalam menghubungi dosen. Yang muslim bisa memulai dengan assalamualaikum dan yang nonmuslim bisa memulai dengan sapaan hangat dan senyum lebar. J@dianretnoP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *