Browse By

Lagu Bangun Tidur Tidak Relevan Lagi


            oleh Wira Setiawan Koesasih
Anggota Bidang Produksi LPM Jurnal Kampus

            Sontak saya terkejut dengan pernyataan dosen pengajar saya yang mengatakan kalau lagu bangun tidur itu sudah tidak sesuai lagi dengan kehidupan masyarakat modern sekarang. Ya tentu saja, anak mana yang tidak tahu lirik lagu bangun tidur. Mungkin seperti ini singkatnya “bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi ku tolong ibu, membersihkan tempat tidurku”.
            Nahh mari kita bahas satu persatu bagian lagu ini. Ketika dinyatakan bangun pagi terus mandi tentunya ini sudah sangat keliru untuk saat ini. Ya rata-rata setelah bangun pagi yang pertama di cari adalah handphone. Kenapa? Mungkin beginilah adanya bahwa handphone sekarang menjadi kebutuhan yang sangat memiliki pengaruh besar bagi manusia. Kebanyakan setelah bangun pagi mereka minimal mencek apakah ada notifikasi yang masuk baik itu berupa pesan singkat, e-mail, atau apa pun itu.

            Setelah mandi digantikan dengan membuka handphone yang dilakukan berikutnya bukanlah menggosok gigi, akan tetapi membalas semua notifikasi itu satu persatu. Mungkin tidak bagi semua orang tetapi sebagian orang kelihatannya memang melakukan dua hal ini setelah mereka bangun tidur. Bisa jadi hal inilah yang menyebabkan kebanyakan orang melupakan hal-hal kecil seperti gosok gigi karena dianggap kurang penting untuk dilakukan.
            Nahh yang berikutnya adalah membantu ibu membersihkan tempat tidur. Yang ini mungkin bagian yang sudah sangat jarang di temui, rata-rata mereka keasyikan bermain dengan gadget mereka sehingga mereka tidak sempat lagi merapikan tempat tidur mereka sendiri karena saking asyiknya memainkan handphone mereka menjadi lupa waktu dan malah buru-buru mandi untuk berangkat ke kampus  atau ke tempat mereka beraktivitas. “syukur-syukur kalau masih sempat mandi” hahaha, yaa mungkin itulah sebagian dari perubahan kebudayaan akibat dari moderenisasi dan globalisasi. Semoga kalian terhibur dengan tulisan kali ini walau tidak semua orang sepenuhnya seperti yang dituliskan tadi. ‘Keep Smile J

 

 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *