Browse By

Mengenal Lebih Jauh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kalimantan Selatan


Redaksijurnalkampus, Jam menunjukkan jam 18.45, datanglah kami ke salah satu sekretariat HIPMI Kalsel, tampak banyak orang yang sedang berbicara di sebuah meja bundar.  Suasana di sana penuh keakraban dan tawa, dan masuklah tim redaksi jurnal kampus ke ruangan yang bertuliskan HIPMI Kalsel. Tampak seorang pemuda berbaju hitam dengan gaya yang agak santai dan apa adanya, Zainal Hadi.
Zainal Hadi adalah Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kalimantan Selatan.  Dengan Gaya yang agak santai tim redaksi pun langsung mewawancarai ketua Umum HIPMI Kalsel ini, karena ingin mengetahui lebih dalam tentang HIPMI Kalsel lebih mendalam.

Sejarah didirikannya HIPMI adalah di mana dulu pada zaman orde baru,  pada saat rakyat Indonesia di saat itu sedang mengalami kesulitan. Timbulah rasa simpati dari para pengusaha-pengusaha Indonesia untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Dengan rasa solidaritas yang tinggi, para pengusaha ini timbulah keinginan untuk mendirikan sebuah organisasi yang di mana bukan hanya merupakan tempat berkumpulnya pengusaha-pengusaha muda Indonesia, tapi juga untuk mensejahterakan bangsa Indonesia.  
HIPMI bukan hanya perkumpulan para pengusaha muda, tapi di HIPMI juga para anggotanya diajarkan bagaimana untuk membangun jaringan ke pengusaha-pengusaha lainnya agar nantinya pengusaha-pengusaha ini bisa mengembangkan usahanya dan bahkan bisa mengembangkan ide baru dalam usahanya. ”Salah satu kunci pengusaha adalah net working(jaringan),” ujarnya saat ditemui kru Jurnal Kampus (12/9). Biasanya HIPMI selalu mengadakan pertemuan nasional, tempat berkumpulnya para pengusaha muda Indonesia di mana para anggota HIPMI bisa sharingtentang usahanya di sana dan biasanya dari pertemuan ini para pengusaha dapat ide baru untuk menjalankan usahanya.
Fokus HIPMI adalah para pengusaha pemula yaitu para pengusaha kecil dan menengah, di mana para pengusaha ini dibimbing untuk menjadi pengusaha sukses, sehingga para pengusaha ini menjadi roda perekonomian untuk bangsa Indonesia dan bisa mensejahterakan rakyat. “Pengusaha adalah salah satu tonggak roda perekonomian suatu negara, kalau tidak ada pengusaha maka suatu negara akan pasif,” ujar Zainal Hadi .
Bukan hanya para pengusaha yang boleh bergabung dengan HIPMI, tapi yang belum mempunyai usaha boleh bergabung di HIPMI, dan akan dibimbing supaya menjadi pengusaha.
Sampai saat ini HIPMI mempunyai 30 ribu anggota yang tesebar di seluruh Indonesia. Kegiatan HIPMI bukan hanya untuk menghimpun dan membimbing para pengusaha muda, tapi juga HIPMI aktif di kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial, karena pengusaha juga harus berbagi pada orang di sekitarnya. Salah satu kegiatan sosial HIPMI yaitu pernah mengadakan kegiatan konser dan di mana hasil konser tersebut disumbangkan ke para ibu penderita kanker payudara.
Di dalam dunia mahasiswa HIPMI pun juga aktif untuk memberikan seminar, motivasi dan sharinguntuk menumbuhkan jiwa pengusaha kepada mahasiswa. ”Kami sangat bersedia kalau diundang untuk menjadi pembicara ataupun dosen tamu untuk mahasiswa,” ujar Zainal Hadi selaku Ketua Umum HIPMI Kalimantan Selatan.
Selain itu Zainal Hadi berharap para pengusaha-pengusaha di Kalimantan Selatan dapat memanfaatkan sumber daya alam Kalimantan Selatan yang melimpah dengan baik untuk di jadikan usaha agar rakyat Indonesia khususnya Kalimantan Selatan dapat sejahtera.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *