Browse By

Pers Sebagai Sarana Dalam Berkarya

Oleh : Wia Rizqi Amalia
Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Unlam
 
Setiap individu memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat yang bersumber dari isi pikiran dan isi hati seseorang, semua itu dapat dituangkan dan digambarkan hanya dengan melalui sebuah tulisan. Melalui tulisan atau pendapat tertulis itulah seseorang dapat mengubah keadaan, entah itu bersifat progress maupun regress. Semua orang dapat mengemukakan ekpresinya melalui tulisan, namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengembangkan suatu pikiran menjadi sebuah tulisan yang kritis dan menggugah orang lain. Tulisan yang baik bersumber dari pemikiran kritis yang dapat menjadi inspirasi orang lain, dan bahkan mengubah pandangan seseorang terhadap suatu fenomena yang terjadi di sekitar kita.
            Sebagai individu yang terdidik, sampailah kita pada masa dewasa awal, dimana kita disebut-sebut sebagai pembawa perubahan yaitu pemuda-pemudi penerus bangsa. Bagi kalangan mahasiswa pemikiran mereka dapat disalurkan melalui Pers, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pers merupakan usaha percetakan dan penerbitan ; medium penyiaran berita (seperti film, majalah, surat kabar, radio, dan televisi). Berdasarkan pentingnya Pers itulah keberadaan organisasi Jurnal Kampus FE Unlam sangat membantu para mahasiswa untuk mengembangkan pikiran mereka.
            Jurnal Kampus bukan organisasi yang terobsesi pada profesi wartawan, namun Jurnal Kampus adalah sarana penyalur kreativitas yang dapat membawa perubahan dalam berkarya dan berimajinasi, menjadikan seseorang berpikir kritis dan mampu mengondisikan dirinya dengan lingkungan sosial. Dalam Jurnal Kampus, kita belajar banyak hal. Bukan hanya mengenai Pers, dunia tulis menulis, namun juga belajar berkomunikasi yang baik. Jurnal Kampus dianalogikan sebagai pintu yang selalu terbuka pada setiap aspirasi seseorang, yang selalu membawa seseorang kepada kenyataan yang ada melalui fakta-fakta disekitar.
            Jurnal Kampus merupakan identitas eksistensi Pers di Fakultas Ekonomi UNLAM. Karya-karya yang telah dikeluarkan Jurnal Kampus tidak bisa dipandang sebelah mata, di antara organisasi-organisasi Pers lainnya Jurnal kampus mampu bersaing dengan berbagai pencapaian dan kerja keras yang telah diukir. Menurut pandangan saya, Jurnal Kampus telah banyak membantu eksistensi Pers di kalangan mahasiswa. Mahasiswa dituntut berpikir kritis dan mampu memberikan inovasi bagi kehidupan mendatang, dan melalui Jurnal Kampus semua aspirasi dapat ditampung dan diolah dengan apik untuk dipublikasikan.
            Bersumber dari pengalaman pribadi saya, salah satu daya tarik Jurnal Kampus adalah tabloid JK. Sejak saya SMA saya selalu menunggu terbitnya tabloid JK, dari situ saya mulai membayangkan kehidupan sebagai mahasiswa, bagaimana seharusnya mahasiswa bertindak dalam mengemban tugas sebagai generasi penerus bangsa. Menurut saya di situlah letak peran penting organisasi pers, mengajarkan kita agar memahami betul cara berpikir kritis dan cara untuk terus berkarya menuju hakikat generasi penerus yang berkualitas. Kobarkan terus semangat berkarya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *