Browse By

PROFIL : Sempat Salah Bicara Karena Gugup

Bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Unlam yang sering menonton berita lokal mungkin melihat wajah familiar ketika menonton Warta Kalsel yang ditayangkan setiap Senin – Jum’at dari pukul 05.00 hingga 06.00 sore. Sejak 28 Agustus 2013 lalu, Gusti Indira Al Hajjriana memulai pengalaman barunya sebagai presenter berita. Padahal sebelumnya ia mengaku tidak pernah membayangkan dirinya akan menjadi seorang presenter berita.
Bermula dari tawaran seorang kru TVRI Kalsel di salah satu acara BUMN yang dihadirinya, Indira kemudian mengikuti audisi presenter yang diadakan stasiun televisi nasional tersebut. Ketika audisi pun Indira tidak sempat melakukan persiapan apapun karena terkesan mendadak.

“Setelah mengirim CV kemudian mendapat telepon dari pihak TVRI disuruh mengikuti pertemuan besoknya. Aku kira cuma technical meeting ternyata langsung tes. Karena aku tidak tahu, jadi tidak ada persiapan apapun. Itupun urutan 50 dari 51 orang peserta,” ungkapnya. Dengan persiapan minim tersebut, tanpa disangka-sangka ia berhasil lolos tes selanjutnya. Hingga pada akhirnya terpilih menjadi sepuluh orang presenter yang akan memandu program acara di TVRI Kalsel. “Kebetulan aku yang dapat bagian berita,” tambahnya.
Karena tidak pernah terbayangkan menjadi seorang presenter acara live dan menganggap dirinya sendiri tidak cocok untuk pekerjaan tersebut, gadis yang juga pernah menjadi runner up Duta Lingkungan Hidup ini sempat salah bicara saat pertama kali berhadapan dengan kamera. “Sudah kaya kada bebatis lagi di dalam studio,” candanya dengan bahasa Banjar. Saking gugupnya pada salah satu segmen berita Lintas Borneo yang seharusnya ‘Informasi Seputar Kalimantan’ ia salah menyebutkan menjadi ‘Informasi Seputar Kalimantan Selatan’.
Walaupun cukup familiar dengan dunia ngemsi, mahasiswi yang kerap disapa Dira ini tidak pernah berpikir sama sekali mendapat kesempatan memandu acara live di televisi.
“Aku merasa tidak cocok dan tidak punya basic-nya,” akunya. Tetapi setelah dijalani ia justru merasa tertarik dengan kesibukan barunya ini. Menurut Indira ada banyak perbedaan antara menjadi MC biasa dan presenter acara TV. Terutama bagi dirinya sendiri yang memegang acara berita, bahasa yang digunakan harus bahasa Indonesia yang baik dan benar dan memang terkesan kaku. Terlebih lagi dalam hal penampilan harus diperhatikan juga tambahnya.
Aktif sebagai presenter TV tidak membuat Indira melupakan kesibukan utamanya sebagai mahasiswa. ‘Kuliah adalah prioritas utama. Aku gak mau di luar aktif, tetapi kuliah keteteran,” jelasnya. Selain kuliah dan menjadi presenter Warta Kalsel, Indira juga tergabung dalam organisasi mahasiswa di kampus, aktif di Green Ambassador Association, dan Purna Paskibraka Indonesia. Saat ditanya bagaimana membagi waktu diantara kesibukannya yang lumayan banyak untuk ukuran mahasiswa, dia menjawab hal itu tergantung pribadi masing-masing. “Waktu kuliah ya kuliah. Waktu organisasi ya organisasi. Walaupun istilahnya sampingan, kesibukan di luar itu sebenarnya memberi manfaat positif juga,” tambahnya.
Indira menyarankan untuk teman-teman mahasiswa yang tertarik dengan dunia presenter sebaiknya tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar karena menurutnya kebanyakan presenter saat ini lebih sering menggunakan bahasa asing. Selain itu dalam penampilan juga sebaiknya sopan karena citra presenter akan mempengaruhi program acaranya.
Untuk rencana kedepannya dalam dunia penyiaran, Indira mengaku tidak punya target khusus. “Mengalir aja. Jalani kesibukan yang ada dulu,” tutupnya.
BIODATA
Nama Lengkap  : Gusti Indira Al Hajjriana
Panggilan          : Dira
TTL                   : Banjarmasin, 16 April 1995
Hobi                 : Membaca
Cita-cita             : Akuntan, Pengusaha
Prestasi            : -Runner Up Duta Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Tahun 2012
                          -Purna Paskibraka Indonesia Tahun 2010
Pengalaman      : MC Formal LCTA 2012
Pendidikan        : Lulusan SMAN 1 Banjarmasin.
                           Saat ini mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Unlam
Alamat              : Jl.Madang No.1 RT.33

2 thoughts on “PROFIL : Sempat Salah Bicara Karena Gugup”

  1. Rahmatullah says:

    Sukses buat Jurnal Kampus FE Unlam dan Dira..
    * Tanggal bulan serta tahun lahirnya sama dengan saya.. Hehee

  2. Redaksi Jurnal Kampus says:

    Amin. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *