Browse By

Psikologi Ekonomi


 oleh Auzan Nur Mahdi
Anggota Bidang Produksi LPM Jurnal Kampus
Psikologi dan Ekonomi. Menurut saya, kedua ilmu tersebut sangat menarik untuk dibahas, baik oleh Mahasiswa, Peneliti, sampai Masyarakat pada umumnya. Secara singkat, Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan kejiwaan manusia. Sedangkan Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran serta konsumsi barang dan jasa. Keduanya memiliki objek formal yang sama, yaitu manusia. Psikologi Ekonomi sendiri, sebagai satu kesatuan yakni salah satu studi ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara karakteristik Psikologi yang terdapat pada individu maupun pada kelompok dalam aktivitas Ekonomi yang dilakukan.

Dulu saya pernah membaca suatu artikel, kalau pada masa lalu Para Ekonom sangat memandang rendah dengan ilmu Psikologi. Mereka menganggap Psikologi bukan merupakan ilmu pengetahuan, dan Psikologi tidak dapat disebut ilmu pengetahuan. Mereka berargumen sebab mustahil mempelajari cara berpikir alam pikiran manusia di suatu laboratorium, juga menarik kesimpulan dari pengetahuan berdasarkan pengalaman untuk dijadikan sebuah ramalan untuk reaksi yang akan datang. Dalam situasi ini, seorang Psikolog akan melakukan perkiraan-perkiraan tentang sebab dari perilaku seseorang, dan biasanya perkiraan-perkiraannya lebih banyak yang meleset jauh dari sasaran. Itu kata mereka.
Memang, manusia adalah makhluk yang tidak bisa ditebak dengan cara biasa. Karenanya, Psikolog zaman dulu telah merumuskan suatu ilmu serta metode agar seseorang bisa membaca karakter manusia lainnya di dalam kehidupan bermasyarakat. Walaupun tidak selalu akurat, namun Psikologi akan sangat membantu kita dalam banyak aspek.
Kembali ke topik, pada dasarnya, kita yang khususnya berada dalam lingkungan ekonomi, bisa dengan tanda kutip, memanfaatkan kajian ilmu dalam Psikologi dalam menemukan solusi ekonomi, baik yang sudah kita hadapi ataupun persoalan di masa yang akan datang.
Dua orang pakar ternama, Kirchler dan Holzl, menjelaskan bahwa area studi dalam Psikologi Ekonomi, berkenaan dengan pengambilan suatu keputusan, studi tentang memilih dan mengambil keputusan oleh individu, interaksi sosial, pengulangan dari perspektif teori permainan, topik yang berkaitan dengan perilaku keuangan termasuk di  dalamnya keputusan berinvestasi, perilaku menabung, debit dan kredit dalam berumah tangga.
            Sekarang ini, khususnya dalam Manajemen Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia, ilmu Psikologi benar-benar digunakan sebagai basis dari segala proses pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan, profit yang sebesar-besarnya serta keunggulan daya saing dalam jangka panjang.

2 thoughts on “Psikologi Ekonomi”

  1. khalisarifpratama says:

    zan lain kali klo mau menulis ini sertakan referensi yah , supaya lebih ada buktinya . spaya opini yang auzan buat itu relevan dgn materi . banyak" baca yah zan,,,

    tapi tulisannya bagus ko.. asyik malahan

  2. Redaksi Jurnal Kampus says:

    Terimakasih masukannya Pimred JK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *