Browse By

HIMADE FE Unlam Kenalkan Pajak kepada Mahasiswa, Masyarakat dan Pelajar

 Dalam rangka mengenalkan dunia perpajakan kepada mahasiswa dan masyarakat, Himpunan Mahasiswa Diploma III Fakultas Ekonomi Unlam (HIMADE FE Unlam) mengadakan kegiatan Semarak Perpajakan 2013. Kegiatan yang bertema “Realisasi Pembayaran Pajak Demi Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi“ ini berlangsung selama empat hari mulai dari (24/9) s/d (27/9) 2013. Adapun agenda – agenda dari semarak perpajakan yaitu : Seminar, Lomba Cerdas Cermat Perpajakan tingkat SMA se-derajat, Pajak Ekspo dan Tour ke Direktorat Jendral Pajak Kalselteng
Hari pertama diadakan seminar perpajakan yang dibawakan oleh tiga pemateri yaitu: Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA)  Banjarmasin, Direktorat Jendral Pajak (DJP)   Kalselteng dan Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara ( KPPN) Banjarmasin. Pemateri Pertama, Dispenda membawakan materi tentang “ Tarif  Pajak Progresif Daerah,” di mana Dispenda menjelaskan apa-apa saja pajak yang ada di daerah Banjarmasin. Pemateri Kedua, Dari DJP Kalselteng menjelaskan tentang bagaimana pengelolaan pajak dan Pemateri ketiga, dari KPPN menjelaskan tentang bagaimana pajak di gunakan .

Ketua Panitia Semarak Perpajakan mengatakan “Seminar kali ini akan di jelaskan bagaimana tahap-tahap input dan output pajak sehingga mahasiswa dan masyarakat mengerti apa itu pajak dan digunakan untuk apa saja,” ujar Tira Wahyu ,Mahasiswa Diploma III Akuntansi ini.
Hari kedua dan ketiga  dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat perpajakan  tingkat SMA se-derajat se Kalselteng,yang diikuti  oleh 26 sekolah yang berlomba di cerdas cermat perpajakan ini. Juara satu sampai tiga nantinya akan diajak tour ke Direktorat jendral Pajak Kalselteng pada hari keempat, untuk mendalami apa itu pajak. Nantinya juara satu sampai tiga ini akan dijadikan duta pajak, untuk mensosialisasikan kepada siswa apa itu pajak dan kegunaannya .
Ketua Panitia Semarak perpajakan 2013  berharap “Semoga Semarak Perpajakan ini akan berjalan dengan lancar, tanpa kendala. Sekaligus juga kegiatan kali ini diharapkan bisa membuka pengetahuan dan kesadaran  baik dari mahasiswa, pelajar maupun masyarakat luas tentang dunia pajak sehingga bisa meningkatkan perekonomian di Indonesia,” harapnya. (one)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *