Browse By

UNLAM BERBENAH DEMI AKREDITASI

BANJARMASIN—Kedatangan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ke UNLAM beberapa waktu lalu tentu saja memberikan angin segar bagi sebagian besar mahasiswa. Bagaimana tidak, saat ini UNLAM masih mengantongi nilai C dengan kedatangan tim BAN-PT tentu saja akan memberikan dampak positif bagi universitas tertua di Kalimantan ini.

Seperti yang diungkapkan Bapak Drs. Ec. Atma Hayat, M.si, Ak saat ditemui di ruang kerjanya.
“Akreditasi itu memang sangat penting apalagi bagi lulusan-lulusan kita. Karena jika nanti lulusan kita bersaing di pasar kerja yang dilihat : pertama lulusan dari universitas mana dan bagaimana akreditasinya.” Masih menurut beliau untuk akreditasi prodi di FEB sendiri kalau tidak keliru awal 2016 nanti sudah harus akreditasi baru lagi. Maka dari itu mulai dari tahun ini pihak fakultas sudah mulai mempersiapkan borang dan segala macam yang diperlukan agar paling tidak awal 2015 nanti sudah dapat dikirim dan semoga diakhir 2015 kita sudah mendapat kunjungan dari BAN-PT.

Berkaitan dengan akreditasi ternyata juga mendapat perhatian dari kalangan mahasiswa. Seperti yang disampaikan oleh Ummi Napisah. “Sebelumnya kaget juga karena saya kira UNLAM ini akreditasinya A, ternyata setelah saya lihat diportal kemaren itu akreditasinya C. Tapi saya senang pas tahu akan ada tim asesor yang datang. Katanya kalau mau cari kerja itu akan lebih mudah kalau akreditasinya itu minimal B.”

Meskipun begitu tidak sedikit mahasiswa yang mengaku dikecewakan oleh kebijakan yang dilakukan UNLAM berkaitan dengan sebelum dan sesudah kunjungan dari tim asesor. Terkesan kebijakan baru yang diterapkan di lingkungan kampus belakangan ini hanya demi menyambut tim penilai saja. Contoh kecilnya adalah para pedagang yang sebelumnya dilarang berjualan, sekarang diizinkan kembali setelah penilaian tersebut selesai. 

“Dampak dari kedatangan BAN kemaren itu tiba-tiba UNLAM jadi lebih bersih, rapi dan pedagang yang berhamburan lebih ditertibkan tapi setelah itu ya sudah selesai juga ketertiban tadi,” jelas salah seorang mahasiswa jurusan Akuntansi, Dewi Fitrianty. Hal senada diungkapkan oleh mahasiswa lain menurut mereka kebersihan itu harusnya dijaga setiap hari bukan hanya dilakukan kalau ada tim penilai saja.

Pada akhirnya walaupun mendapat banyak kritik dan tidak sedikit yang memberi sambutan baik, mahasiswa berharap kehadiran BAN-PT benar-benar membawa pengaruh positif pada universitas dengan almamater berwarna kuning ini. Bukan hanya akreditasi dari C ke B saja tapi akan benar-benar mempunyai nilai lebih yang akan menjadi kebanggan bagi setiap mahasiswanya. Semoga! (putri/dewi)

One thought on “UNLAM BERBENAH DEMI AKREDITASI”

  1. Chaa Dewi says:

    Semoga k depannya unlam bsa meningkat akreditasnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *