Browse By

UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS DIGEMPARKAN SEBUAH MOBIL

BANJARMASIN – Jum’at (02/05) pukul 08.30 di halaman Gedung Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) seperti tahun sebelumnya sebagai agenda rutin, kembali diadakan upacara dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). 

Peserta upacara adalah mahasiswa penerima beasiswa dan dosen dari seluruh fakultas di UNLAM. Walaupun cuaca agak mendung, lima belas menit sebelum upacara di mulai, halaman gedung rektorat dipenuhi kolaborasi warna kuning dari jas almamater kebanggaan mahasiswa dan warna biru dari seragam batik dosen. 

Menteri Pendidikan, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA dalam pidato yang dibacakan menyampaikan tema yang dipilih dalam peringatan Hardiknas tahun 2014 yaitu, ‘Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul’ yang mengingatkan pada fungsi pendidikan tidak hanya untuk menyelesaikan dan menjawab permasalahan bersifat teknis semata. 

“Pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia,” ungkap beliau.

Namun ada yang berbeda dari upacara peringatan Hardiknas tahun ini. Pada saat upacara masih berlangsung, sebuah mobil berwarna hitam lewat di tengah pelaksanaan upacara. Kendati hal ini memecahkan konsentrasi peserta, pemilik mobil yang diduga adalah seorang dosen hanya acuh tak acuh ketika masuk ke gedung rektorat melewati pintu depan. 

Beragam tanggapan dari mahasiswa. Salah satunya Auli Sari, mahasiswa penerima bidik misi dari FEB UNLAM. “Banyak yang berjaga di sekitar tempat upacara. Kenapa tidak ada yang mencegah Bapak itu?” tanya mahasiswa angkatan 2012 ini tidak habis pikir.

Selain itu, dalam upacara peringatan Hardiknas tahun ini juga diumumkan pemenang lomba berbagai kategori diantaranya Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Lomba Debat Bahasa Inggris, serta pengumuman mahasiswa berprestasi tingkat universitas. Pemenang didominasi Fakultas Kedokteran, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas MIPA. 

Berdasarkan catatan kru Jurnal Kampus, tidak ada mahasiswa yang menerima kehormatan tersebut berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNLAM. (ida)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *