Browse By

Persiapan Para Mahasiswi ULM Dalam Lomba Gadjah Mada Accounting Days 2017

(20/04/2017) Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Lambung Mangkurat kembali menyiapkan para mahasiswi yang berprestasi untuk mengikuti rangkaian acara Gadjah Mada Accounting Days 2017 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada (IMAGAMA) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Acara tersebut dilaksanakan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa diseluruh indonesia untuk meningkatkan kualitas dirinya dalam ilmu pengetahuan khususnya ilmu akuntansi.

Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan oleh IMAGAMA tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 7 Februari hingga 29 Maret 2017 untuk pendaftaran peserta, 1 April 2017 untuk pengisisan Online Preliminary, 16 April pengumuman TOP 35, 16 sampai 25 April 2017 Registrasi ulang TOP 35, tanggal 17 Mei 2017 untuk Technical Meeting, pada tanggal 18 sampai 19 Mei 2017 mendatang merupakan puncak dari rangkaian acara tersebut, dan terakhir acara ditutup dengan Jogja Amazing Race dan Gathering Night pada tanggal 20 Mei 2017.

Dari acara tersebut Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat telah menyiapkan perwakilan dari jurusan Akuntansi yaitu Patricia Devina, Nurin Aulia, Novianti Amalia sebagai peserta yang telah lolos tahap TOP. Selain Mahasiswi yang diwakilkan untuk mengikuti lomba tersebut ada pula pihak yang ikut terlibat dalam memberikan dukungan, serta penyemangat bagi para peserta lomba, yaitu asisten dosen AKL II dan AKM yang membantu dalam memecahkan permasalahan dalam soal online preliminary yang telah mereka kerjakan, serta mereka juga mendapat dukungan dari Ketua Jurusan Akuntansi.

Untuk mempersiapkan segala keperluan lomba banyak hal yang telah dilakukan sebelum masuk tahap TOP 35 yaitu mereka telah mempersiapkan materi yang terkait dengan lomba tersebut, kemudian mereka juga mengumpulkan buku-buku yang terkait dengan lomba sehingga akan mudah mempelajari dan sesuai dengan yang diujikan dalam proses seleksi kemarin.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan tentunya bukan hanya persiapan materi yang diperlukan tetapi juga motivasi pada diri mereka untuk mengikuti lomba tersebut. “Saya secara pribadi termotivasi untuk mengikuti lomba tersebut karena saya ingin mengetahui bagaimana pembelajaran akuntansi di Universitas lain, apakah sama seperti di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat atau tidak”, ucap Patricia.

Kemudian Patricia juga menuturkan bahwa sebelum mengikui lomba mereka harus  mempelajari setidaknya 10 materi yang akan menjadi bahan perlombaan. Dimana dari kesepuluh materi tersebut, akan dibagi menjadi 3 dan dipelajari oleh masing-masing peserta. Tak lupa mereka juga mempersiapkan mental agar siap bersaing dengan perwakilan Mahasiswa dari Universitas lain di Indonesia.

Adapun kendala yang mereka hadapi adalah perbedaan buku pegangan antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Lambung Mangkurat dengan ketentuan lomba sehingga mereka harus mengumpulkan dan mempelajari lagi agar tidak melenceng jauh dari soal yang akan dilombakan.

“Solusi yang tepat untuk kendala yang kami hadapi adalah berbagi tugas sehingga tidak ada yang diberatkan dan saling tumpang tindih materi. Jadi dalam pengumpulan buku kami bertiga berusaha mengumpulkan dan mencari buku-bukunya dengan meminjam di perpustakaan atupun meminjam dengan teman-teman yang lain agar segala persiapan dan bahan untuk materi lomba dapat dipelajari bersama”, tambah Patricia. (rd/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *