Browse By

Dinding Panjat Mapala Wira Economica


Banjarmasin, Jurnal Kampus– Setiap UKM yang ada dikampus pada dasarnya harus dapat mengembangkan skill dari setiap anggota. Pengembangan skill ini juga harus didukung oleh fasilitas yang memadai. Seperti halnya UKM Mapala Wira Economica. UKM yang sudah ada sejak tahun 1985 ini telah membangun dinding panjat (kategori boulder) di depan gedung aula baru.

Dinding panjat ini memiliki tinggi 4 m dan lebar 16 m. Menurut Muhammad Nor Hakim selaku Koordinator bidang pendidikan dan pelatihan mengungkapkan “Dinding panjat ini berfungsi untuk melatih skill anggota Mapala, dan sebenarnya dulu dinding panjat ini ada didalam Sekre Mapala yang lama namun sifatnya portable. Dan sekarang Mapala Wira Economica telah mempunyai dinding panjat permanen”. Ia juga menuturkan dalam proses pengerjaan dinding panjat ini, semuanya dilakukan oleh para anggota Mapala dan sekarang prosesnya telah mencapai 90%.

Komponen besi yang digunakan untuk kerangka dinding panjat adalah sebagian dari besi yang berumur 30 tahun lalu dan sebagiannya lagi dari besi yang baru. Hakim menuturkan dinding panjat ini kira kira menghabiskan ratusan juta rupiah.

Selain berfungsi untuk pelatihan anggota, dinding panjat ini juga digunakan untuk lomba. Pada tanggal 14-16 Juli 2017 Mapala Wira Economica akan mengadakan lomba panjat dinding (kategori boulder). Lomba ini diadakan dalam rangka Dies Natalis XXXII Mapala Wira Economica. “Lomba ini terbagi menjadi 4 kategori yaitu Pria Untuk pelajar/mahasiswa, Wanita untuk pelajar/mahasiswa, Pria untuk kategori umum dan Wanita untuk kategori umum” ungkap Hakim. (fz/hm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *