Browse By

PEKON 2017: memilih Konsentrasi Berdasarkan Passion

JURNAL KAMPUS – Sabtu (5/8) Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJ-M) fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan kegiatan pengenalan Konsentrasi (PEKON) 2017 di Ruang Aula FEB ULM. Ada empat Konsentrasi yang dikenalkan kepada mahasiswa jurusan manajemen yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Keuangan, Pemasaran, dan Wirausaha.

Ahmad Riza Kurniawan dalam sambutannya sebagai ketua pelaksana mengatakan kegiatan ini dipersiapkan dengan baik untuk memberikan pemahaman kepada teman-teman mahasiswa manajemen yang akan mengambil konsentrasi. Peserta yang mayoritas adalah mahasiswa semester lima ini akan mengambil konsentrasi pada semester enam.

Wakil Dekan tiga Akhmad Rifani membuka secara resmi kegiatan ini. “pihak fakultas telah bicara dengan ketua departemen manajamen universitas Brawijaya (UB) bahwa di semester ganjil 2017/2018 Universitas Brawijaya akan menerima mahasiswa manajemen FEB ULM semester lima untuk kuliah di UB selama satu semester.” Jelas rifani dalam sambutannya. Mahasiswa yang akan lolos seleksi  studi ke UB bisa mengambil konsentari apa saja karena konsentrasi yang ada di UB hampir sama dengan di ULM, namun untuk Kewirusahaan di UB  merupakan Program Studi.

Mahasiswa sering kali memilih konsentrasi tidak berdasarkan Passion melainkan berdasarkan dosen yang mengampu mata kuliah dan tingkat kemudahan mata kuliah dalam konsentrasi yang tersedia karena dosen yang dianggap baik dalam memberikan nilai dan mata kuliah yang tidak ada hitungan merupakan pertimbangan utama dalam menentukan konsentrasi. “ketika memilih konsentari kita bukan bicara mudah sulit, pasionnya yang kita cari kalian senangnya apa misal markering atau wirausaha, ya fokuslah disitu” kata Dosen Manajemen Mayasari Sebagai salah satu pembicara konsentrasi MSDM.

Mengambil keputusan yang tepat untuk memilih konsentrasi yang sesuai dengan minat dan kemampuan mahasiswa merupakan langkah awal yang berat, namun keputusan yang sulit akan menjadi lebih mudah jika mahasiswa berkonsultasi dengan Orang Tua dan Dosen. Selain itu mempunyai pertimbangan yang tepat dan memiliki keyakinan dengan konsentrasi yang dipilih harus ada pada mahasiswa agar mempunyai karir yang jelas ketika menyelesaikan pendidikan sarjana. (jj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *